William O'Neil adalah pialang saham
legendaris yang juga seorang pengusaha dan
penulis Amerika. Ia memelopori penggunaan analisis komputer untuk
melihat kinerja saham berdasar data historis untuk memprediksi tren
pasar saat ini. Ia juga menulis beberapa buku tentang strategi pasar
saham yang terbukti sukses.
William O'Neil cepat menjadi broker atas perusahaannya, meningkatkan akun sendiri lebih dari 2000% dalam
dua tahun. Perusahaannya, William O'Neil + Co, tetap merupakan informasi
manajemen investasi nasional dan perusahaan broker yang eksklusif
mengkhususkan diri dalam menyediakan data untuk kepentingan investasi
kelembagaan.
O'Neil lahir 25 Maret 1933 di Oklahoma City dan dibesarkan di Texas. Ia
belajar bisnis di Southern Methodist University, menerima gelar Bachelor
dan bertugas di Angkatan Udara Amerika Serikat.
Pada tahun 1960, O'Neil diterima disekolah Harvard Business School for Management Development (PMD). Pada
tahun 1958 ia memulai karirnya sebagai pialang saham di Hayden,Stone
& Company, dan mengembangkan strategi investasi yang memanfaatkan
sistem komputer. Buku yang berpengauh dalam hidupnya adalah "The Battle
for Investment Survival" karangan Gerald Loeb. Menurut O'Neil, ini adalah
buku terbaik di pasar. Investor lain yang menjadi panutan O'Neil adalah
Bernard Baruch, Jesse Livermore, Gerald M. Loeb, Jack Dreyfus, dan
Nicolas Darvas. Dia juga sangat mengagumi Thomas Edison.
Dari
penelitiannya, O'Neil menemukan strategi CAN SLIM dan menjadi broker
atas perusahaannya. Ia membeli saham di NYSE pada usia 30. Pada tahun
1963 ia mendirikan William O'Neil + Co Inc, sebuah perusahaan yang
mengembangkan database komputer pertama pada saham tahun 1963/1964,dan
saat ini sudah tercipta 200 item data untuk lebih dari 10.000
perusahaan.
Pada tahun 1973, ia mendirikan "O'Neil Data Systems,
Inc", untuk menyediakan pencetakan berkecepatan tinggi dan fasilitas
database.
Pada tahun 1984, O'Neil membuat penelitian dari
database-nya yang dituangkan dalam dirilisnya Investor's Daily, surat
kabar bisnis nasional yang telah berkompetisi dengan The Wall Street
Journal. Pada tahun 1991, nama publikasi tersebut berubah menjadi
Investor Daily. Sepuluh tahun setelah berdiri, ia memiliki sirkulasi
peredaran Investor Daily sebanyak 149.557,dengan mengklaim "total pembaca" mencapai 850.000 (juga diutarakan sebagai "hampir 1.000.000
pembaca"), meskipun pada tahun 2002, Los Angeles Business Journal
mengatakan bahwa Investor Daily bukanlah harian penghasil uang, dan
telah memiliki penurunan belanja iklan. Kegiatan O'Neil saat ini adalah menjadi pembicara seminar di seluruh Amerika.
0 komentar:
Posting Komentar